Pemkab OKUS Dukung Pencegahan Korupsi Melalui Pemanfaatan Media Digital Dengan Membangun Narasi Konten Kreatif

Palembang, Sumsel – Matajurnalis.com ” Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mendukung pencegahan korupsi melalui optimalisasi pemanfaatan media digital untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Dukungan ini salah satunya ditunjukkan melalui kehadiran Plt Kepala Dinas Kominfo pada Pembukaan Pelatihan Bersama Dinas Kominfo se-Provinsi Sumatera Selatan dengan tema Membangun Narasi dengan Konten Kreatif di Hotel Suwarnadwipa Palembang, Kamis (30/05/2024).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan KPK RI dan memperkuat sinergi antar lembaga pemerintah untuk mendukung perwujudan transparansi, partisipasi publik dan penyelenggaraan pemerintahan baik melalui pemanfaatan media dan diseminasi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Dinas Kominfo Sumsel dengan KPK RI terkait penyebaran informasi khususnya dalam pencegahan korupsi.

Kabiro Humas KPK RI, Yuyu A. Iskak pada kesempatan ini mengapresiasi perkembangan dan potensi penyebaran informasi di Provinsi Sumatera Selatan yang membuat pihaknya tertarik untuk melakukan komitmen bersama.

Yuyu berharap kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik dan terus menerus untuk menguatkan penyampaian pesan kepada publik. Salah satu yang bisa dilakukan dalam kolaborasi ini yaitu diantaranya melalui pertukaran konten salah satunya tentang pencegahan korupsi dan pelayanan publik.

Dalam penyebaran informasi di era digital seperti saat ini, lanjutnya memicu pembuatan konten kreatif sari instansi pemerintah. Termasuk memerangi hoax di tengah mudah dan cepatnya suatu informasi tersebar yang belum tentu kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

“Tantangan kita yaitu inovasi, diantaranya bagaimana mengemas informasi menjadi kontnen kreatif sehingga dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat dan mempengaruhi masyarakatnya contoh dalam pencegahan korupsi,” tuturnya.

Sekda Sumatera Selatan,  Ir. S. A. Supriono,  pada kesempatan yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini untuk menjaga hubungan baik antar lembaga dan meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

Selain itu, banyaknya informasi mengenai pencegahan korupsi ini juga mendorong upaya pencegahan korupsi di Indonesia. “Penyebaran arus informasi yang cepat dan masiv melalui platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang baik, akurat, program dan kebijakan pemerintah. Kita perlu menghasilkan konten yang baik sehingga masyarakat dapat mengerti apa yang dilakukan oleh pemerintah dan KPK dlm melaksanakan tugasnya,” ujarnya.

 

 

“Kegiatan  ini juga diharapkan dapat meningkatkan kuantitas informasi mengenai pencegahan korupsi. Kami berharap kolaborasi ini dapat berjalan baik untuk diseminasi tanpa hoax,” katanya menambahkan.

Kepala Diskominfo Sumsel, Rika Efianti, SE., MM.,  menambahkan bahwa pemanfaatan media sosial saat ini sangat populer untuk berinteraksi dengan masyarakat dan menyebarkam informasi dengan cepat. Untuk itu, platform yang dikelola ini harus mampu menghasilkan dan menyajikan konten yang kreatif.

Kesepakatan dan komitmen bersama yang dilakukan hari ini diharapkan dapat mendorong lahirnya konten kreatif dan mendukung program pemberantasan korupsi.

 

(Harianto)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *