Home (MJ) » PJ.Walikota Letnan Didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Hadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana ke – 48 dan Pascasarjana ke – 21.

PJ.Walikota Letnan Didampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Hadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana ke – 48 dan Pascasarjana ke – 21.

Matajurnalis.com || PADANGSIDIMPUAN-SUMUT – Pj.Walikota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, S.K.M., M.Kes didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Kota Padangsidimpuan, Daulat Parlaungan, SE, hadiri sidang senat terbuka Wisuda Sarjana ke- 48 dan Pascasarjana ke- 21 Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN SYAHADA) Padangsidimpuan, di Auditorium UIN Syahada, Sabtu ( 02/03/2024 ). Dan menyaksikan secara langsung prosesi wisuda sebanyak 508 orang dengan rincian FASIH’ 52 FDIK 52 FEBI 228 FTIK 154 dan PPS 22,.

Dalam sambutannya, Walikota Letnan Dalimunthe mengucapkan selamat kepada wisudawan/ wisudawati, atas kesuksesan yang sudah diraih dan telah berhasil menyelesaikan studi di UIN Syahada.

“Pencapaian saudara adalah bukti kerja keras dan dedikasi saudara yang tentunya tidak terlepas dari motivasi, doa, dan dukungan dari banyak pihak yang terlibat dalam usaha keras tersebut, terutama para orangtua, keluarga dan orang – orang tercinta. Kepada para orang tua, wali, dan keluarga wisudawan, kami mengucapkan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh putra putri, suami atau istri bapak ibu sekalian. Dengan gelar akademis yang berhasil disandang dan dengan kompetensi yang diraih, kami mengharapkan lulusan UIN Syahada padangsidimpuan dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki, menapaki karir dan kembali ke tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi yang terbaik untuk pembangunan bangsa dan negara, terutama bagi masyarakat wilayah tapanuli bagian selatan khususnya di kota Padangsidimpuan” Ucap Walikota Letnan.

Dikesempatan itu, Walikota Letnan Dalimunthe juga menjelaskan bahwa Indonesia emas tahun 2045, yakni Indonesia yang maju, sejahtera, dan mandiri, bukanlah sesuatu yang given atau anugerah dari langit, tapi harus diupayakan dan persiapkan dengan tangguh dan sungguh – sungguh.

Dan kunci keberhasilannya ada pada sumber daya manusia unggul, yaitu sumber daya manusia yang sehat, kreatif, inovatif, kompetitif, produktif, menguasai iptek ( ilmu pengetahuan dan teknologi ) dan juga rin ( riset dan inovasi ), berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan.

“Bagi UIN Syahada padangsidimpuan, kriteria tersebut harus ditambah lagi dengan SDM yang menjunjung nilai – nilai islam Ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah, sehingga mampu melahirkan cendekiawan dan pemimpin umat dan pembaharu yang wasathy, andal dan inklusif, mampu merangkul semua kelompok” harapnya.

Ia menjelaskan, Perguruan tinggi khususnya, dan di dunia pendidikan pada umumnya, merupakan pemegang amanah yang sangat menentukan. Yang oleh karena itu, pendidikan harus dipastikan memiliki kualitas, kapasitas, dan fokus pada misi membangun sdm unggul yang kompeten. Sehingga sejalan dengan perkembangan global dan kemajuan teknologi saat ini, yang sering disebut juga sebagai era digital atau era industri 4.0, kita harus memastikan bahwa sdm indonesia menguasai iptek ( ilmu pengetahuan dan teknologi ) dan juga rin ( riset dan inovasi ), dan memiliki jiwa wirausaha.

“Saya juga mendorong, UIN Syahada Padangsidimpuan dapat terus mengembangkan riset, serta meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri, lembaga riset, serta pergurian tinggi lainnya, agar mampu menjawab tantangan kebutihan industri di era globalisasi dengan tetap menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kebudayaan kita” ujar Walikota Letnan.

Sebelumnya, Rektor UIN Syahada, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada Walikota Padangsidimpuan, yang telah meluangkan waktu dan energi untuk hadir dalam acara wisuda yang bersejarah ini. “Kehadiran Bapak memberikan semangat dan kebanggaan bagi kami dan para wisudawan dan wisudawati, serta menjadi bukti nyata dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan terhadap Pendidikan khususnya bagi UIN Syahada Padangsidimpuan”. Ungkapnya.

Ia meyakini, bahwa kerjasama yang telah terjalin baik selama ini akan terus berkembang dan menghasilkan hasil yang positif di masa depan. Dengan mempertahankan komitmen untuk bersinergi dan bekerja sama akan dapat membangun Kota Padangsidimpuan sebagai Kota Pendidikan.

“Tema yang kita usung pada perhelatan penting ini, “Alumni Unggul, Cerdas, dan Moderat, Berpradigma Teoantropoekosentris”, menggambarkan semangat serta visi yang kita anut di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Kami percaya bahwa pendidikan tidak hanya sebatas akuisisi pengetahuan, namun juga pembentukan karakter yang unggul, cerdas, serta beradab, sesuai dengan nilai-nilai agama, keilmuan, dan kemanusiaan.” Jelasnya.

Ia juga berpesan kepada para wisudawan/wisudawati bahwa hari ini adalah bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras dalam menempuh perjalanan akademik. Menjadi generasi penerus yang dipercayakan untuk mengemban tanggung jawab menjaga dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta kearifan lokal dalam bingkai yang moderat dan inklusif.

“Para wisudawan dan wisudawati yang terhormat, hari ini adalah tonggak sejarah dalam perjalanan hidup kalian. Kalian telah berhasil menyelesaikan satu fase penting dalam kehidupan akademik dan kini siap melangkah ke tahap baru. Tantangan yang lebih besar menanti di luar sana, namun dengan ilmu dan nilai-nilai yang telah kalian peroleh, saya yakin kalian akan mampu menghadapinya dengan kepala tegak dan hati penuh keyakinan.” Pesannya.

Editor : Ira Wahyuni

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas