Mata Jurnalis Padang Sidempuan,Tapanuli Selatan,Berita Daera,Sumatera Utara Pemko Sidimpuan Ikut Serta Dalam Pawai Karnaval di Raker Komwil I Apeksi Pekanbaru

Pemko Sidimpuan Ikut Serta Dalam Pawai Karnaval di Raker Komwil I Apeksi Pekanbaru

MATAJURNALIS.COM | |PADANGSIDIMPUAN,-Parade budaya menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan Raker (Rapat Kerja) Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Pawai Karnaval Budaya Apeksi yang diikuti 24 kota ini digelar tepat di depan Kantor Gubernur Riau, Jum’at (3/5/2024).

 

Pemerintah Kota Padangsidimpuan turut meramaikan pawai karnaval budaya Apeksi bersama Kota – Kota lainnya dari seluruh kota Wilayah I Sumatera. Sementara, talent atau pengisi pawai berjumlah kurang lebih 500 orang. Karnaval budaya tersebut melibatkan bagian dari Dinas Pendidikan serta Dinas Kebudayaan masing-masing kota.

 

Peserta dari Kota Padangsidimpuan mengenakan pakain adat khas angkola lengkap dengan atributnya diisi oleh perwakilan Dinas – Dinas se Kota Padangsidimpuan.

 

Parade budaya diawali dengan pawai dari tuan rumah, yakni Kota Pekanbaru dengan menampilkan pertunjukan marching band. Pawai dipimpin langsung oleh Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, serta sajian tarian daerah khas Pekanbaru.

 

Parade budaya ini merupakan rangkaian acara dari RakerApeksi yang bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya setiap daerah.

 

Penjabat Walikota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.kes usai kegiatan pawai budaya mengatakan, kehadiran kontingen karnaval dan pawai budaya ini telah disiapkan pemerintah kota dalam agenda Apeksi ini.

 

“Kita ingin memperkenalkan ciri khas Angkola pada seluruh tamu yang hadir pada raker apeksi ini,” tuturnya.

 

Letnan mengungkapkan, keistimewaan dari kegiatan Raker Apeksi ini adalah mempersatukan seluruh pemerintah kota di setiap daerah.(ir)

About The Author