Mata Jurnalis Sumatera Utara,Tapanuli Selatan Mengenal Lebih Dekat Parulian Nasution sarat dengan Berbagai Pengalaman Birokrat Berkarakter

Mengenal Lebih Dekat Parulian Nasution sarat dengan Berbagai Pengalaman Birokrat Berkarakter

 

 

MATAJURNALIS.COM| |Tapanuli Selatan,-Parulian Nasution adalah sosok birokrat yang tak hanya memiliki kecakapan administratif, tetapi juga karakter yang kuat dan pengalaman yang melimpah. Sebagai seorang birokrat, Parulian telah menorehkan jejak prestasi yang menginspirasi banyak orang. Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang mumpuni, ia telah mendedikasikan hidupnya untuk melayani masyarakat, khususnya di Tapanuli Selatan.

Berbagai Jabatan yang dilaluinya Menjadi Kabid Sosial dan Budaya Pada Bepeda Kota Padangsidimpuan, Kepala Dinas Sosial dan Kesejahteraan Pemko Padangsidimpuan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padangsidimpuan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sekaligus PLT Kadis Perpustakaan Kabupaten Tapanuli Selatan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Tapanuli Selatan, Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan Zaman dua Bupati dan pernah PLH Bupati Tapanuli Selatan mengisi kekosongan waktu.

Pengalaman mumpuni dalam dunia birokrat yang dimiliki oleh Parulian bukanlah hasil dari satu malam saja, melainkan akumulasi dari bertahun-tahun pengabdian dalam berbagai posisi strategis dalam pemerintahan setempat. Melalui berbagai tanggung jawab yang diemban, Parulian tidak hanya mengasah keahliannya dalam mengelola administrasi penyelenggaraan roda pemerintahan,Melaksanakan Pembangunan dan Pelayanan Publik tapi juga mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang kebutuhan dan Jaring aspirasi masyarakat.Hal ini terlihat dari pemahamannya tentang Penetapan Pokus Program Prioritas korelasinya dengan Managemen Kinerja.

Dibalik keberhasilan dalam Pengabdian terbaiknya Parulian Nasution tetap rendah hati dan berpegang pada nilai-nilai integritas dan kejujuran ditandai dengan pikirannya yang memadukan Kata Hati,Otak dan Otot yang sering disebutkannya HO2, Karakternya yang tegas namun Kompak penuh rasa Simpati dan empati menandai pola Pikir,Sikap dan Prilaku kesehariannya menjadikan sosok yang mudah didekati oleh masyarakat dan rekan kerjanya.Pintunya setiap saat terbuka untuk semua orang. Kehadirannya dalam pemerintahan bukan sekedar tentang jabatan dan kekuasaan, tetapi lebih pada pelayanan dan kepedulian terhadap kepentingan rakyat.Beliau sering ucapkan jangan pernah menyalahkan masyarakat tapi senantiasa cari solusi penyelesaian problema yang muncul di tengah masyarakat dengan Kemampuan Problem solvingnya yang tepat dan cepat kemudian memfollow up program tindak lanjut.

Prestasi-prestasi yang telah diraihnya menjadi cermin dari loyalitas, dedikasi dan komitmen kerjanya yang tinggi terhadap penyelenggaraan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan pemahaman yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh daerahnya, Parulian telah berhasil merumuskan berbagai program inovatif yang memberikan solusi konkret bagi permasalahan yang ada.

Sebagai seorang birokrat yang berpengalaman, Parulian Nasution bukan hanya menyandang tanggung jawab sebagai pengelola administrasi, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berperan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Melalui dedikasi dan pengabdian yang tulus, Parulian telah membawa harapan dan kemajuan bagi Tapanuli Selatan, dan akan terus menjadi teladan bagi generasi penerus dan memang beliau dekat dengan Pemuda berkat keunggulan komunikasi dan konsultasinya dalam berkiprah di dunia pemerintahan dan pembangunan.

Pengalaman Parulian Nasution tidak hanya terbatas pada ranah pemerintahan lokal, tetapi juga meliputi kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari sektor swasta maupun organisasi masyarakat sipil. Kerjasama lintas sektor bahkan kita ketahui bahwa beliau memiliki jaringan yang kuat baik di tingkat lokal maupun Nasional.Beliau senantiasa memperluas wawasannya tentang dinamika sosial dan ekonomi, serta membantunya merumuskan kebijakan yang lebih holistik dan inklusif dengan mengedepankan Managemen Partisifatif dan empowerman.

Selain itu, kehadiran Parulian Nasution juga menjadi inspirasi,Aspirasi dan motivasi bagi banyak orang, terutama para pemuda, untuk terlibat dalam pembangunan daerah dan masyarakat. Melalui berbagai kegiatan sosial dan pendidikan, ia secara aktif membimbing dan memberikan motivasi kepada generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka dalam mendorong partisipasi dan berkontribusi dalam memajukan Tapanuli Selatan.

Dengan segudang pengalaman dan dedikasi yang dimilikinya, Parulian Nasution bukan hanya menjadi birokrat yang sukses, tetapi juga pemimpin yang menginspirasi.Hal itu ditandai Akhir tugasnya beliau meraih Penghormatan Satya Karya 30 tahun Pengabdian dari Presiden RI Joko widodo serta Pangkat tertinggi dalam Pengabdian Pembina Utama IV E. Dalam setiap langkahnya, ia membawa harapan dan semangat perubahan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi Tapanuli Selatan dan seluruh masyarakatnya.Sosok Parulian yang sangat bersahabat bagi semua lapisan membuat semua rekan dan kolleganya selalu merindukan kehadirannya dalam setiap aktifitas.(ir)

About The Author