Home (MJ) » Kades Ladahai Salurkan 6 BLT Dana Desa TA 2024 Kepada 36 KPM.

Kades Ladahai Salurkan 6 BLT Dana Desa TA 2024 Kepada 36 KPM.

Matajurnalis.com || Kolaka-Sultra, -Pemeritah Desa Ladahai Kecamatan Iwoiendaa, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Baru-baru ini Merealisasikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bersumber Dari Anggaran Pendapatan belanja Negara (APBN) Melalui Pengelolaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2024. Sabtu, (30/03/2024).

Dalam penyaluran itu, bertempat di balai Kantor desa Ladahai yang di hadiri langsung Kepala Desa, Ladahai, Perangkat Pemerintah Desa, lembaga Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PLD), serta masyarakat penerimah Bantuan.

Kepala Desa Ladahai, Sainudin yang di konfirmasi Awak media menjelaskan, Dari Total Anggaran Bantuan, Perealisasian BLT Tahun ini di salurkan kepada 36 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan jumlah penyaluran enam (6) bulan, kategori Bulan Januari hingga Bulan Juni 2024.

” Berbeda dari tahun Sebelumnya, tahun ini ada penambahan KPM. Kalau tahun 2023 kemarin hanya 35, dan tahun ini kita tambah 1 dan atau 36 KPM, kita juga menyalurkan untuk Kategori selama enam bulan terhitung dari bulan Januari hingga bulan Juni.” ujar Kades.

Dikatakannya, penambahan tersebut berdasarkan hasil musyawarah desa dimana berdasarkan Regulasi terbaru tentang pengelolaan DD, KPM masuk sebagai penerima bantuan, memiliki kelayakan sebagai penerima asas manfaat.

“Jadi semua sudah sesuai mekanisme, kami sebagai pemerintah telah berusaha bekerja maksimal dan melaksanakan dan merealisasikan program sesuai aturan perundangan” jelasnya.

Selain itu, kepala desa yang baru menjabat kurang selama satu tahun itu mengatakan, terkait kebijakan penyaluran kategori 6 BLT dana desa yang di berikan kepada Para KPM, berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan pihak berkaitan yang ada dalam sistem pemerintahan desa yang di nahkodainya, mengingat saat ini masyarakat sangat membutuhkan, baik terkait kebutuhan sekunder maupun kebutuhan primer.

“Kita Sama-sama mengetahui bahwa saat sekarang ini masyarakat sangat banyak kebutuhkan, mengingat Selain karena Bulan ramadhan dan akan berhari raya, juga karena dampak inflasi yang mengakibatkan melonjaknya berbagai kebutuhan ketahanan pangan dipasaran, sehingga masyarakat kita tentu banyak membutuhkan anggaran, terutama bagi para masyarakat kelas ekonomi menengah kebawa” kata kades.

Lanjut dia, ” kita berharap agar masyarakat kita betul memanfaatkan Dana bantuan tersebut pada kebutuhan mendasar mereka”pungkas kades Zainudin.

Untuk di ketahui, Jumlah Total Dana Desa BLT Desa Ladahai yang di Salurkan Sebesar Rp.64.000,000,- Dengan Perincian Dari 36 KPM, Persetiap KPM Menerima Rp.1.800,000,- dari Hasil penjumlahan penerimaan perbulan Rp.300,000,- kategori Januari, February, Maret, April, Mei, Juni).

Laporan : Misro Mayadi.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas