Mata Jurnalis Padang Sidempuan,Berita Daera,Sumatera Utara Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2025

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan tahun 2025

MATAJURNALIS.COM ||PADANGSIDIMPUAN ,-Pj. Wali Kota Dr. H. Letnan Dalimunthe, S.K.M, M.Kes, menghadiri kegiatan acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2025 dengan tema Padangsidimpuan sejahtera, agamais, berdaya saing, berbudaya sebagai Kota pusat Pendidikan, Perdagangan, Barang dan Jasa terdepan di Pantai Barat Sumatera Utara, yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kamis (01/02/23).

Kegiatan ini diikuti oleh Sekdako, para Asisten, Staf Ahli, para Pimpinan OPD, para Camat, dan undangan lainnya.

Pj. Wali Kota Padangsidimpuan Dr. H. Letnan Dalimunthe, S.K.M, M.Kes, pada arahannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Musrenbang tingkat Kecamatan merupakan amanat dari UU No. 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, serta Peraturan Mendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

“Musrenbang Kecamatan yang setiap tahun kita laksanakan merupakan Forum Musyawarah Tahunan para pemangku Kepentingan (Stakeholder) pada tingkat Kecamatan untuk menentukan prioritas dan memantapkan usulan kegiatan pembangunan di setiap Desa atau Kelurahan, sekaligus menyepakati rencana kegiatan lintas Desa atau Kelurahan,” ujarnya.

Letnan juga mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses tahapan penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di setiap wilayah Kecamatan.

“Untuk itu partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan dengan melibatkan stakeholder, pemangku kepentingan pembangunan daerah.”

“Pembangunan Kota Padangsidimpuan pada tahun 2025 difokuskan pada pelayanan Pemerintah yang prima, Pembangunan Perekonomian masyarakat, dan pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat,” pungkasnya.

Forum Musrenbang ini untuk menginventarisir dan merumuskan permasalahan-permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif – alternatif pemecahan masalah yang wujud konkritnya berupa program/kegiatan yang mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan menjawab permasalahan mendesak tahun 2025.

Selain Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Musrenbang tingkat Kecamatan ini juga dilaksanakan di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Padangsidimpuan Tenggara, dan Padangsidimpuan Utara.(IR)

About The Author