Plh Sekda OKU Selatan Pimpin Rapat Percepat Pelaksanaan Dak Fisik Tahun Anggaran 2024

Muaradua – Matajurnalis.com “Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Joni Rafles, AP., M.SI., memimpin Rapat Percepatan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2024, Rabu (26/06/2024) di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU Selatan.

Dikatakan Plh Sekda bahwa momen ini juga merupakan sarana untuk mengevaluasi terkait kendala yang menyebabkan munculnya kesulitan dalam merealisasikan program-program atau pekerjaan di OPD.

Menurutnya, jika masalah atau kendala ini terselesaikan ini akan membantu mempercepat penyaluran DAK tersebut. Ia juga menginstruksikan agar koordinasi terkait hal ini terus dilakukan untuk meminimalisir kendala yang ada.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten OKU Selatan, Komaria dalam paparannya mengatakan melaksanakan rapat Operator DAK Fisik untuk percepatan penyampaian dokumen persyaratan dan fisik tahun 2024 Kabupaten OKU Selatan.

Hal ini juga telah diatur sejumlah peraturan mulai dari Perpres Nomor 57 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik. PMK Nomor 25 Tahun 2024 tentang Pengelolaan DAK Fisik. Surat Kepala Kantor PelayananPerbendaharaan Negara Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Nomor S-327/KPN.0702/2024.

“Jenis dan mekanisme Penyaluran Penyaluran DAK Fisik dilakukan melalui pemindahbukuan dari RKUN ke RKUD setelah Pemda salur untuk setiap tahapannya. Dokumen persyaratan salur harus telah mendapatkan review dari APIP. DAK Fisik disalurkan dengan mekanisme bertahap dan/atau sekaligus. Mekanisme Bertahap disalurkan dalam 3 tahap. Tidak terpenuhinya persyaratan setiap Tahap sd. batas waktu yang ditentukan akan menghentikan penyaluran DAK Fisik,” tegasnya.

Hadir pada rapat ini Asisten III, Inspektur, Kepala Bapenda, Kadin PUPR, Kadinkes, Kadisdik, Kadin Perikanan, Kabag PBJ, Direktur RSUD.

(Harianto)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *