Respon Cepat Bacalon Bahran Nazib Bergandeng Sejumlah Unsur Daerah Muara Enim, Tangani Dampak Bencana Alam.

Matajurnalis.com || Muara Enim-Sumsel, -Respon dan reaksi cepat Calon Bupati Muara Enim Bahran Nazib Bergandeng Koramel 404/06 dan polsek Semendo serta BPBD kabupaten Muara Enim Menangani dampak bencana alam, mengerahkan alat berat guna membersihkan timbunan lumpur, bebatuan, dan tanah longsor yang menutupi ruas jalan Semendo tepat nya di tebat rumung yang tidak jaoh dari SMP 3 SDT menghubungkan 2 kecamatan SDT dan SDU Kabupaten Muara Enim sumatra Selatan, Bencana longsor terjadi, diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut. Hingga mengakibatkan kenderaan, baik roda dua dan roda empat terjebak dan tidak bisa melalui jalur jalan itu. Calon Bupati Muara Enim Bahran Nazib saat di konpirmasi melalui pea watsapp membenarkan dengan adanya bantuan alat berat berupa satu yunit escavator untuk meng evakuasi matrial longsor yang menutupi jalan di Wilayah SDT dengan adanya inpormasi ini kami tidak perlu pikir dan menunda kami segera respon cepat dapat menyediakan alat berupa escapator agar masarakat bisa melewati jalan tersebut.ucap nya Pemdes tanjung,Raya Eprizal spd.sempat datang ke lokasi longsor dan mengatakan kepada media dengan adanya bantuan alat berat berupa eskavator malam ini berharap akses jalan menuju beberapa desa di SDT dan SDU ini dapat berjalan lancar dan selaku pemerintah tanjung Raya mengucapkan trimakasih kepada saudara kita Bahran Nazib Calon Bupati Muara Enim yang tela tanggap dengan mendatangkan alat berat dengan adanya musibah tanah longsor di wilayah kami ini.tutup nya Laporan : M.sajirin/E.

Read More

Bupati Tapsel Fasiltasi Pembuatan e-KTP Bagi Siswa SMAN se-Tapsel

MATAJURNALIS.COM | |TAPANULI SELATAN – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu memfasilitasi pembuatan e-KTP bagi siswa-siswi SLTA/Sederajat yang diserahkan kepada 20 siswa-siswi SMAN 1 Angkola Barat, pada Jumat (26/4).   Dijelaskan Dolly, bahwa diberikannya fasilitas sampai ke sekolah-sekolah yakni untuk membantu kemudahan siswa-siswi yang ingin membuat dokumen e-KTP bahkan sampai pengaktifan data kependudukan digital.   “Siswa-siswi tersebut membutuhkan waktu dan biaya bila ke kantor Bupati Sipirok jika ingin perekaman e-KTP. Sehingga bisa mengganggu proses belajar mereka. Ini kita fasilitasi sehingga mereka direkam dan siap di sekolah masing-masing,” terang Dolly saat penyerahan e-KTP.   Disisi lain, Dolly memotivasi para murid agar dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi. “Pada anak-anak ku sekalian kiranya semua di beri keberhasilan sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan niatan istiqamah pada pilihannya dibarengi dengan semangat,” ajaknya.   Sebelumnya Kadis Dukcapil yang diwakili Sekretaris, Ambia mengungkapkan, kini Pemerintah Tapsel telah mengadakan gerak peduli atas kepemilikan dokumen kependudukan secara usia dini.   “Dimana manfaatnya untuk siswa-siswi itu sebagai keperluan pelayanan publik dan pemilihan umum termasuk sukses pemilukada bulan Nopember mendatang,” terangnya.   Ambia menambahkan, program itu sebelumnya juga sudah berjalan ke seluruh sekolah SLTA/sederajat di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan rutin setiap tahunnya.   “Penyerahan e-KTP di SMAN 1 Angkola Barat sebanyak 150 keping e-KTP. Adapun Tema kegiatannya adalah Dukcapil Sikola yang berarti Dukcapil menyiapkan Dokumen Kependudukan Anak Sekolah,” timpalnya.   Sementara Abdul Malik dan Ameliani Siregar salah seorang siswa-siswi yang berkesempatan mendapatkan e-KTP pada program itu, kompak mengatakan ucapkan terima kasih pada Bupati Dolly Pasaribu.   “Kami merasa terbantu adanya program Pemkab Tapanuli Selatan ini, sehingga kami tidak lagi ke Sipirok, kini e-KTP kami sudah ada untuk kebutuhan penunjang nantinya,” ujar mereka. (Ir)

Read More

Bupati Tapsel Bersama Masyarakat Hadiri Penanaman Bibit Varietas Unggul Di Kecamatan Sipirok

MATAJURNALIS.COM | |TAPSEL – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu hadir di penanaman perdana padi varietas jenis Silatihan Genjah, selain itu ada tanam penangkar Bawang Merah jenis varietas batu ijoijo, di Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok pada Jumat (26/4).   Penanaman dilakukan bersama para kelompok tani (Koptan) yakni, Koptan Sukamaju, Maju Bersama, Setia Lawan, Suka Makmur, Aek Biru, Siap Makmur, Mandiri, dan Suka Bersama.   Dikesempatan itu, Bupati mengatakan kepada para Koptan, kegiatan itu merupakan momentum bagi mereka untuk mengembangkan benih padi dan bawang menjadi bibit unggul tarap Nasional.   “Mari sama-sama kompak dalam pemeliharaannya, sehingga harapan dalam pengembangan benih padi dan bawang unggul berjalan lancar, sukses sesuai harapan kita bersama,” katanya.   Disisi lain, pada kesempatan itu juga Bupati mengundang bahwasanya pada tanggal 26-28 April 2024 akan dilaksanakan MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel, dilanjutkan pada 1-10 Juni 2024 MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut.   “Untuk itu malam nanti, ayo kita ramaikan, MTQ ke-56 di Lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan Kilang Papan, Sipirok. Juga pada MTQ ke-39 tingkat Provsu agar masyarakat bisa memanfaatkannya, karena akan datang masyarakat dari seluruh Kabupaten se-Sumut yang dipastikan akan mencari pemondokan,” timpalnya.   Sementara itu, Kadis Pertanian Tapsel, Henry Hamdani Hasibuan menjelaskan tujuan dilakukannya tanam bibit varietas itu untuk mendapatkan umur tanaman yang genjah (mempersingkat jadwal tanam) serta untuk mencukupi kebutuhan benih bawang di Tapsel.   “Selain penanaman, tadi juga Bupati menyerahkan bantuan bibit padi varietas ciherang 25 Kg kepada 5 koptan, kemudian bantuan bibit jagung 10 Kg kepada 2 koptan, selanjutnya 1 suchet bibit tomat untuk 1 hektar kepada 1 koptan, dan 3 hand sprayer electric kepada 3 koptan,” ungkapnya.   Sedangkan Tokoh Masyarakat Desa Sarogodung Halitoibin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang disalurkan Bupati Tapsel kepada warga setempat.   “Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan sekaligus kehadiran Bupati, kami siap mendukung keberlanjutan Pemerintah Tapsel ke depan,” katanya. (Ir)

Read More

PJI Sulsel Terbentuk, Rapat Perdana Bahas Kesiapan Organisasi di Pastikan Siap Lindungi Jurnalis.

Matajurnalis.com || MAKASSAR-SULSEL, – Kehadiran sebuah organisasi yang merupakan wadah perkumpulan pekerja jurnalis sebagai sebuah langkah yang tepat untuk mengorganisir dan melindungi pekerja pers yang terkadang menghadapi kendala kendala tertentu dalam melaksanakan tugas di lapangan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Persatuan Jurnalis Indonesia DPW Sulawesi Selatan, Akbar Hasan, saat pertemuan perdana pemantapan susunan pengurus PJI Sulsel. Jumat, 26 April 2024. Pertemuan ini mengagendakan rencana pelantikan pengurus yang rencana akan dilaksanakan bulan juli 2024 mendatang. Sejumlah anggota yang hadir dalam pertemuan rapat tersebut sangat menyambut baik kehadiran PJI Di Sulsel yang diharapkan ke depan lebih aktif melindungi wartawan dan melakukan pembinaan dalam mengantarkan pelaksanaan tugas jurnalistik yang profesional dan dipercaya oleh khalayak ramai. Ini hal yang diungkapkan Iphoel Krisna salah seorang wartawan senior. Sementara itu Asruddin Azis,S.Sos, selaku pimpinan rapat mengharapkan ke depan kepengurusan PJI nantinya dapat lebih solid dan melakukan tugas tugas penting untuk pengembangan organisasi ke depan, dimana pers sebagai pilar ke empat diharapkan dapat berkonstribusi untuk kemajuan bangsa dan negara sehingga diharapkan anggota PJI tetap bekerja sesuai dengan kaidah jurnalistik yang berlaku. PJI sebagai organisasi pers yang resmi siap mengadvokasi anggota jika suatu saat tersandung kasus sehubungan dengan tugas Jurnalistik. Tutup Asruddim Azis. (**)

Read More